Input dan Output Device pada Komputer

Drive BSE Info

Apa itu Input dan Output Device pada Komputer???

Silahkan baca pada materi komponen utama sistem komputer (atau di sini) untuk mengetahui apa itu I/O Device pada komputer


Pengertian, contoh-contoh, dan fungsi Input Device pada komputer


KEYBOARD
Keyboard adalah piranti yang terdiri dari serangkaian tombol yang digunakan untuk memasukan data ke komputer. Tombol pada keyboard dapat diklasifikasikan sbb:
  • Tombol alfanumerik (alphanumeric keys) yang terdiri dari huruf dan angka.
  • Tombol tanda baca (function keys) yang terdiri dari tanda-tanya, titik, titik koma, dan sebagainya.
  • Tombol khusus (special keys) seperti tombol fungsi, tombol control, tombol panah, tombol caps lock, dan sebagainya.

contoh-contoh input device. contoh jenis keyboard Layout standard tombol-tombol pada keyboard disebut dengan keyboard QWERTY, karena enam huruf pertama pada baris teratas tombol huruf adalah QWERTY.
Pada dasarnya terdapat tiga macam keyboard yang sering digunakan pada sebuah personal computer (PC), yaitu: keyboard PC dengan 84 tombol (keyboard XT), keyboard AT dengan 84 tombol, dan keyboard AT yang telah ditingkatkan dengan 101 tombol.
Ketiga keyboard ini berbeda pada layout tombol fungsi, tombol Control, tombol Enter, dan tombol Shift.

Keyboard yang dikembangkan oleh Microsoft juga berbeda dan menambahkan tombol negara-negara yang mempunyai huruf atau karakter khusus juga dikembangkan keyboard yang memudahkan pengetikan atau pemasukan data.


MOUSE
contoh-contoh input device. contoh mouse Ada 2 jenis mouse yang beredar di pasaran yaitu mouse bola dan mouse sinar/cahaya. Mouse bola dapat dibagi lagi menjadi 2 jenis yaitu tracking ball dan mouse biasa.
Cara kerja mouse tracking ball adalah dengan menggerakkan bola secara langsung sedangkan mouse biasa dengan menggerakkannya. Mouse sinar bekerja dengan cara menggunakan sinar infra merah yang ditembakkan ke atas keping khusus. Sinar/cahaya ini digunakan untuk membaca kecepatan perubahan objek tersebut kemudian diadakan cursor pada monitor. Yang termasuk jenis ini adalah mouse ballpoint berbentuk pena.
Gambar 1.4. Mouse

Mouse adalah perangkat yang dibentuk untuk kenyamanan tangan operator, sehingga dapat digeser pada permukaan datar. Sirkuit elektronik merasakan gerakan ini dan mengirim beberapa pengukuran jarak yang dilalui dalam arah X dan Y ke computer. Pergerakan diawasi baik secara mekanik atau optik. Mouse mekanik diisi dengan suatu bola yang dipasang sedemikian sehingga dapat berotasi dengan bebas pada saat mouse digerakkan. Rotasi bola dirasakan dan digunakan untuk meningkatkan dua counter, satu untuk tiap dua sumbu gerakan.

Mouse tersebut juga diisi dengan dua atau tiga tombol. Informasi dari counter dan tombol tersebut dikumpulkan oleh mikrokontroller, diencode dan dikirim ke komputer melalui link serial.
Mouse optic menggunakan lightemitting diode (LED) untuk mengiluminasi permukaan tempat mouse berada, dan suatu perangkat light sensitive merasakan cahaya yang direfleksikan dari permukaan.

Pada beberapa model, mouse tersebut harus diletakkan pada pad khusus yang memiliki pola garis vertical dan horizontal. Cahaya yang direfleksikan berubah pada saat mouse bergerak dari area terang ke gelap permukaan dibawahnya, dan mouse tersebut mengukur jarak yang dilalui dengan menghitung perubahan ini.


SCANNER
contoh-contoh input device. contoh scanner Scanner adalah suatu alat elektronik yang fungsinya mirip dengan mesin fotokopi. Mesin fotocopy hasilnya dapat langsung kamu lihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya ditampilkan pada layar monitor komputer dahulu kemudian baru dapat dirubah dan dimodifikasi sehingga tampilan dan hasilnya menjadi bagus yang kemudian dapat disimpan sebagai file text, dokumen dan gambar.

Bentuk dan ukuran scanner bermacam-macam, ada yang besarnya seukuran dengan kertas folio ada juga yang seukuran postcard, bahkan berbentuk pena. Scanner berukuran pena tersebut bisa menyimpan hingga 1.000 halaman teks cetak dan kemudian mentransfernya ke sebuah komputer pribadi (PC).

Scanner mentransformasikan bahan tercetak dan fotografi menjadi representasi digital. Pada scanner awal, halama yang discan diletakkan pada silinder kaca yang berputar disekeliling sensor. Kebanyakan scanner saat ini menggunakan pengaturan flatbed, dimana halaman yang discan ditempatkan pada permukaan kaca datar. Suatu sumber cahaya menscan halaman tersebut, dan cahaya yang direfleksikan difokuskan pada array linear charge coupled device (CCD).

Pada saat perangkat CCD dipaparkan terhadap cahaya, suatu muatan listrik disimpan dalam kapasitor mini yang dihubungkan dengannya sehingga jumlah muatan proporsional dengan intensitas cahaya. Muatan ini dikumpulkan oleh sirkuit yang sesuai dan dikonversi ke representasi digital menggunakan analog to digital converter. Untuk scanner warna, filter merah, hijau dan biru digunakan untuk memisahkan warna primer dan mengolahnya secara terpisah. Pada saat sumber cahaya bergerak melewati halaman tersebut, sensor array dibaca berulang kali, melakukan sampling jalur pixel pada citra yang berurutan. Sebaiknya diperhatikan bahwa teknik ini juga digunakan dalam digital copier. Suatu digital copier adalah gabungan dari scanner dan laser printer.


MICROPHONE
contoh-contoh input device. contoh microphone Microphone hanya digunakan untuk memasukkan input berupa suara. Penggunaan Mic tentu saja memerlukan perangkat keras tambahan untuk menerima input suara tersebut yaitu soundcard dan speaker untuk mendengarkan hasil rekaman suara. Voice recognition device dipakai untuk memasukkan suara manusia ke dalam signal interpreter.

Kebanyakan voice systems yang digunakan sekarang mempunyai vocabulary yang kecil dan harus dilatih untuk mengenal kata-kata tertentu. Caranya, seseorang membacakan sebuah daftar kata- kata yang biasa digunakan sehingga signal interpreter dapat menetapkan polanya. Misalnya pekerja menyebut box yang mereka bawa. Voice input diperlukan karena tangan pekerja sibuk dan tidak dapat mengetik atau memanipulasi peralatan ketik input device lainnya.


TOUCHPAD
contoh-contoh input device. contoh touchpad Perangkat input lain yang sangat penting adalah touchpad dan perangkat sejenisnya, touchscreen. Touchpad adalah pad kecil yang dibuat dari bahan pressure sensitive. Pada saat jari user atau ujung pena menyentuh beberapa titik pada pad, tekanan tersebut menyebabkan perubahan karakteristik listrik bahan pada titik tersebut. Lokasi titik tersebut dideteksi dan dikomunikasikan ke computer.

Dengan memindahkan jari pada pad, user dapat menginstruksikan software untuk memindahkan kursor pada layar dengan arah yang sama. Hal ini menjadikan touchpad sebagai pengganti berbiaya rendah untuk mouse atau trackball, dengan kekuatan dan keandalan tingkat tinggi karena tidak berisi bagian yang bergerak. Touchpad sangat sesuai untuk computer notebook.
Touchpad dapat digabungkan dengan liquid crystal display untuk menghasilkan layar touchsensitive yang dapat digunakan untuk operasi input dan output.

Dan masih banyak lagi contoh-contoh input device pada komputer ....


Pengertian, contoh-contoh, dan fungsi Output Device pada komputer


PRINTER
contoh-contoh output device. contoh printer Printer adalah salah satu hardware (perangkat keras) yang terhubung ke komputer dan mempunyai fungsi untuk mencetak tulisan, gambar dan tampilan lainnya dari komputer ke media kertas atau sejenis. Istilah yang dikenal pada resolusi printer disebut dpi (dot per inch).
Maksudnya adalah banyaknya jumlah titik dalam luas area 1 inci. Semakin tinggi resolusinya maka akan semakin bagus cetakan yang dihasilkan. Sebaliknya, jika resolusinya rendah maka hasil cetakan akan buruk / tidak bagus.

  • Printer Dot-Matrix, adalah pencetak yang resolusi cetaknya masih sangat rendah. Selain itu ketika sedang mencetak, printer jenis ini suaranya cenderung keras serta kualitas untuk mencetak gambar kurang baik karena gambar yang tercetak akan terlihat seperti titik-titik yang saling berhubungan. Umumnya, printer jenis dot-matrix juga hanya mempunyai satu warna, yaitu warna hitam. Tetapi saat ini printer ini masih banyak digunakan karena memang terkenal 'bandel' (awet).
    Kelebihan lainnya, pita printer dot-matrix jauh lebih murah dibandingkan dengan toner (tinta) untuk printer jenis inkjet dan laserjet.
  • Printer Inkjet Inkjet printer adalah alat cetak yang sudah menggunakan tinta untuk mencetak dan kualitas untuk mencetak gambar berwarna cukup bagus. Kecepatan mencetak jumlah halaman pada printer Inkjet tidak sama, tergantung pada jenis merk printer tersebut. Tetapi pada inkjet printer, hasil cetakan lebih lama keringnya jika dibandingkan dengan laser printer.
  • Printer Laser, sebagian dari laser printer bentuknya mirip dengan mesin fotokopi. Daya cetaknya juga cukup banyak bisa mencapai lebih dari 10 lembar per menit. Kualitas hasil cetak laser printer pun sangat bagus, sehingga mirip sekali dengan aslinya. Selain itu hasil cetakan cepat kering. Tetapi harga printer ini cukup mahal.


MONITOR
contoh-contoh output device. contoh monitor Generasi teknologi monitor yang sekarang banyak dipakai adalah monitor yang menggunakan teknologi plasma, LED, dan LCD. Sedangkan monitor dengan jenis tabung electron CRT sudah banyak ditinggalkan.

  • CRT (Chatode Ray Tube)
    Monitor CRT merupakan monitor menggunakan media tabung sinar katoda atau kebanyakan orang menyebutnya dengan monitor tabung. Monitor CRT dibuat menggunakan tabung hampa untuk layarnya. Monitor CRT mirip dengan jenis televisi tabung. Cara kerja monitor CRT yaitu dengan memancarkan sinar elektron ke sebuah titik-titik kecil di layar. Sinar tersebut menampilkan sisi terang jika diperkuat, sedangkan untuk diperlemah untuk sisi yang gelap. Monitor CRT lebih murah ketimbang jenis-jenis monitor komputer yang lainnya. Namun monitor CRT ini berukuran cukup besar membuat tempat diletakkannya monitor tersebut haruslah luas.
  • Monitor LCD (Liquid Cristal Display)
    Tidak seperti Monitor CRT yang menggunakan tabung hampa, Monitor LCD menggunakan media cairan kristal. Cara Kerja Monitor LCD itu dengan cara memancarkan sinar melalui kristal cair, yang kemudian dipancarkan secara elektrik sehingga membentuk sebuah panel-panel kecil yang datar. Monitor LCD komputer ini dari segi bentuk menggunakan teknologi Flat Panel Display atau monitor berlayar datar. LCD memiliki kemampuan resolusi yang lebih tinggi dibandingkan monitor CRT. Dengan bentuk yang ramping dan pipih penggunaan monitor LCD dipadukan dikomputer portable atau laptop.
  • Monitor LED (Light Emitting Diode)
    Monitor LED memiliki bentuk seperti Monitor LCD namun monitor LED lebih ramping. Monitor LED memunculkan sebuah tampilan pada layar menggunakan emisi cahaya. Monitor LED menggunakan teknologi LED backlight. LED lebih efisien mengeluarkan cahaya. Kelebihan monitor LED dari segi konsumsi daya listrik monitor LED lebih hemat daripada monitor LCD. Namun kelemahan monitor LED yaitu harga lebih mahal daripada monitor LCD.
  • Monitor Plasma
    Monitor Plasma merupakan monitor yang menggunakan gas neon atau xenon yang diletakkan diantara dua lapisan plat kaca. Pada lapisan gas di aliri listrik yang memberi reaksi berupa penciptaan pixel. Kualitas gambar lebih baik karena dalam proses pembuatan gambar dilakukkan secara langsung tanpa harus diuraikan terlebih dahulu. Monitor Plasma menggunakan teknologi gabungan, antara CRT dengan LCD. Hal ini membuat kitipisan Monitor Plasma menyerupai Monitor LCD dan sudut pandang pun luas seperti Monitor CRT.

Dan masih banyak lagi contoh-contoh output device pada komputer....