Pengenalan dan Pengertian Sistem Komputer

Drive BSE Info

pengertian komputer dan sistem komputer Dalam istilah yang paling sederhana, komputer adalah mesin hitung elektronik cepat yang menerima informasi input terdigitalisasi, mengolahnya sesuai dengan daftar instruksi yang tersimpan secara internal dan memberikan informasi output sebagai hasil.
Daftar instruksi pada sistem komputer disebut program komputer, dan penyimpanan internalnya disebut memori komputer.

Secara umum definisi atau pengertian komputer atau sistem komputer diterjemahkan sebagai sekumpulan alat elektronik yang saling bekerja sama, yang dapat menerima data (input), mengolah data (proses) dan memberikan informasi (output) serta terkoordinasi dibawah control program yang tersimpan pada memorinya.


Terdapat banyak tipe komputer yang sangat bervariasi dalam hal ukuran, biaya, daya komputasi, dan tujuan penggunaan. Komputer yang paling umum adalah personal computer, yang banyak digunakan di rumah, sekolah, kantor-kantor, instansi atau lembaga. Personal computer merupakan bentuk paling umum dari komputer desktop.

Komputer desktop memiliki unit pengolahan dan penyimpanan, display visual dan unit output audio, dan keyboard yang dapat ditempatkan secara mudah di meja rumah dan kantor. Media penyimpanan tersebut termasuk harddisk, CD/DVDROM, disket, dan flashdisk.

Komputer notebook portable adalah versi ringkas dari personal computer dengan semua komponennya terpaket dalam unit tunggal seukuran koper tipis.

Workstation dengan kemampuan input/output grafis resolusi tinggi, sekalipun masih tetap memakai dimensi komputer desktop, namun memiliki daya komputasi yang lebih signifikan daripada personal computer. Workstation seringkali digunakan dalam aplikasi engineering, terutama untuk pekerjaan desain interaktif.

Di atas workstation, terdapat suatu rentang sistem komputer yang luas dan sangat kuat yang di sebut sistem enterprise dan server pada rentang lowend, dan superkomputer pada highend.

Sistem enterprise, atau mainframe, digunakan untuk pengolahan data bisnis pada korporasi menengah hingga besar yang memerlukan lebih banyak daya komputasi dan kapasitas penyimpanan dari yang dapat disediakan oleh workstation. Server berisi unit penyimpanan basis data yang cukup besar dan mampu menangani banyak volume permintaan untuk mengakses data. Pada banyak kasus, server dapat diakses secara luas oleh komunitas pendidikan, bisnis, dan pengguna personal. Permintaan dan respons biasanya ditransportasikan melalui fasilitas komunikasi Internet. Tentu saja, Internet dan server yang berhubungan dengannya telah menjadi sumber segala tipe informasi yang dominan di seluruh dunia.